Powered By Blogger

Jumat, 16 September 2011

setup pisang


yup,setup pisang, cara lain menikmati pisang kepok. mudah banget bikinnya. kalian bisa coba bikin setup ini di rumah.
bahan:
pisang kepok/pisang nipah
gula (banyaknya sesuai selera)
cengkeh dan kayu manis secukupnya
air.
siapkan panci. didihkan air,lalu masukkan gula,cengkeh dan kayu manisnya. rasa manisnya sesuai selera ya. trus kalo udah mendidih masukkan pisang kepok yang udah di potong-potong.jangan terlalu lama mengangkat pancinya, jika menggunakan api sedang kalian cuma perlu wktu 3-5menit saja untuk merebusnya. bisa disajikan hangat, atau dingin.tinggal diberi es batu atau didinginkan di lemari es. mudah kan?
dibawah ini nv juga memberikan beberapa informasi tentang pisang.
Buah pisang merupakan buah klematerik, yakni buah yang masih melakukan respirasi setelah pemanenan sehingga pemasakan buah dapat diatur dengan menggunakan etilen (zat karbit). Kematangan buah pisang dapat amati secara fisik.
Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.
Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi daripada apel. Apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori.
Karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu, banyak atlet saat jeda atau istirahat mengonsumsi pisang sebagai cadangan energi.
Kandungan energi pisang merupakan energi instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh.
Gula pisang merupakan gula buah, yaitu terdiri dari fruktosa yang mempunyai indek glikemik lebih rendah dibandingkan dengan glukosa, sehingga cukup baik sebagai penyimpan energi karena sedikit lebih lambat dimetabolisme. Sehabis bekerja keras atau berpikir, selalu timbul rasa kantuk. Keadaan ini merupakan tanda-tanda otak kekurangan energi, sehingga aktivitas secara biologis juga menurun.
Untuk melakukan aktivitasnya, otak memerlukan energi berupa glukosa. Glukosa darah sangat vital bagi otak untuk dapat berfungsi dengan baik, antara lain diekspresikan dalam kemampuan daya ingat. Glukosa tersebut terutama diperoleh dari sirkulasi darah otak karena glikogen sebagai cadangan glukosa sangat terbatas keberadaannya.
Glukosa darah terutama didapat dari asupan makanan sumber karbohidrat. Pisang adalah alternatif terbaik untuk menyediakan energi di saat-saat istirahat atau jeda, pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia untuk aktivitas biologis. pernah tau dong,alasan kenapa banyak orang menggunakan pisang sebagai makanan diet? itu karena kandungan lemak pisang sangat rendah (hanya 0,13%) dan dengan kandungan protein yang tergolong rendah juga (hanya 2,3%). selain murah dan mudah sekali ditemukan, pisang dipercaya mampu membantu memperlancar pencernaan. tapi jangan lupa buang sampah(kulit) pisangnya jangan di sembarang tempat ya,bisa merugikan orang lain. :)
juga ada informasi tambahan mengenai manfaat cengkeh dan kayu manis. ternyata cengkeh dianggap menghangatkan, menghilangkan rasa sakit setempat, membantu mengeluarkan angin, mengharumkan (mulut dan tubuh), anti bakteri, menghilangkan kejang perut. Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), cengkeh termasuk tanaman obat yang paling banyak dipakai di dunia (dalam bentuk balsem, minyak cengkeh, dsb). sedangkan kayu manis berkhasiat untuk:
-Mengontrol level tekanan darah sehingga anda terhindar dari penyakit jantung.
-Mengontrol kadar gula pada penderita diabetes. Sebuah penelitian dari US Agricultural Research Service menunjukkan bahwa hanya dengan mengonsumsi 1 gram bubuk kayu manis per hari (sekitar setengah sendok teh), maka anda dapat menurunkan kadar gula darah hingga 20%. Tidak hanya gula saja, tapi juga tingkat kolesterol dan triglycerides.
-Memperlama efek "kenyang" pada perut. Tiap kamu selesai makan, perut secara alami akan mengosongkan isinya. Dan semakin cepat perut mengosongkan diri maka semakin cepat pula ia ingin diisi. Dengan konsumsi kayu manis, maka kamu tidak akan cepat merasa lapar kembali.
-Menghindari pembekuan darah. Komponen kayu manis yang bernama cinnaldehyde amat berguna untuk mencegah pembekuan darah, sehingga aliran darah anda lancar dan anda terhindar dari resiko serangan stroke.
-Sebagai antiseptik dan penyembuh luka.
-Mengawetkan makanan. Karena esensi dari kayu manis dapat menghentikan pertumbuhan bakteri dan jamur.
-Aroma kayu manis dapat meningkatkan fungsi otak.
-Kandungan seratnya dapat menjaga kesehatan usus dan lambung anda.
-Sebagai bahan untuk memberi efek hangat pada tubuh.
-Merupakan sumber yang baik akan mineral mangan, serta kalsium dan zat besi.
semoga postingan ini memberikan manfaat ya.

with Love,
Nv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar